Pengertian Masa Remaja

 Pengertian Masa Remaja








Pengertian Remaja
Remaja atau adolescence berasal dari kata Latin adolescere dan kata bendanya, adolescentia yang berarti remaja yaitu tumbuh menjadi dewasa. Hurlock (1980). Para ahli berbeda-beda dalam memberi pengertian remaja. Ada beberapa variabel yang tidak dapat diabaikan seperti budaya setempat dan kepribadian.
Fase remaja merupakan segmen perkembangan individu yang sangat penting, yang diawali dengan matangnya organ-organ fisik (seksual) sehingga mampu bereproduksi. Menurut Konopka masa remaja ini meliputi remaja awal dan remaja akhir, sementara Salzman mengemukakan, bahwa remaja merupakan masa perkembangan sikap tergantung (depedence) terhadap orangtua kearah kemandirian (independence), minat-minat seksual, perenungan diri, dan perhatian terhadap nilai-nilai estetika dan isu-isu moral (Yusuf, 2010). Papalia (2008) mendefinisikan masa remaja (adolescence) peralihan masa perkembangan yang berlansung sejak usia sekitar 10-11 tahun atau lebih awal sampai masa remaja akhir atau usia duapuluhan awal, serta melibatkan perubahan besar dalam aspek fisik, kognitif, dan psikososial yang berkaitan.Piaget (dalam Hurlock, 1980) mengatakan bahwa secara psikologis, masa remaja adalah usia dimana individu berinteraksi dengan masyarakat dewasa. 
Usia individu tersebut tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang dewasa dalam masalah hak. Pada masa ini juga terjadi perubahan intelegtual yang mencolok yang ditunjukkan dalam cara berfikir, yang memungkinkan individu untuk dapat mencapai integrasi dalam hubungan sosial dengan orang-orang dewasa. Masa remaja sebagai masa penyesuaian, yaitu, individu mulai masuk dan menghadapi lingkungan orang dewasa yang memiliki peraturan serta norma tersendiri yang harus dipatuhi. Berdasarkan uraian ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, masa peralihan ini disertai dengan perubahan fisik, kepribadian, kecerdasan dan perubahan peran dalam lingkungan sosialnya.
Referensi:
Jika membutuhkan informasi mengenai sumber referensi pada artikel diatas, silahkan E-mail ke: Niki.albangkalisi@gmail.com 
Kontributor artikel: Nelda Marita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Masa Remaja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel