Batas Umur Remaja

Batasan Umur Remaja





 
Batasan Umur Remaja Menurut Ahli
Para ahli perkembangan memiliki perbedaan dalam menentukan batas usia remaja berikut pendapat  ahli dalam menentukan masa remaja. Hurlock (1980) berpendapat, bahwa remaja berada pada usia 13 tahun sampai 18 tahun, yang terdiri dari dua periode, yaitu remaja awal dan akhir. Menurut Hurlock, (1980) remaja awal berada pada usia 13-16 atau 17 tahun. Remaja akhir berada pada usia 16-17 tahun sampai usia 18 tahun. Jika dibandingkan dengan pendapat lainnya, Hurlock (1980) membatasi masa remaja lebih singkat, demikian juga periode yang hanya terdiri dari dua periode.
Sementara itu Sarwono (2002), memberi batasan usia Remaja lebih lama, yaitu sampai usia 24 tahun tersebut lebih pada pertimbangan kemandirian, menurut Sarwono (2002) batasan usia remaja khususnya remaja Indonesia berada pada usia 11 sampai 24 tahun dan belum menikah. Monk (2006) Remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa, berlangsung antara usia 12 sampai 21 tahun. Masa remaja terdiri dari masa remaja awal usia 12-15 tahun, masa remaja pertengahan usia 15-18 tahun, dan masa remaja akhir usia 18-21 tahun. Demikian beberapa pendapat ahli perkembangan dalam menentukan batas masa usia remaja.

Referensi:
Jika membutuhkan informasi mengenai sumber referensi pada artikel diatas, silahkan E-mail ke: Niki.albangkalisi@gmail.com 
Kontributor artikel: Nelda Marita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Batas Umur Remaja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel